Review Kit Power Amplifier YDA138-E YAMAHA

 Halo semuanya udah lama nih saya ga bikin blog lagi. Sekarang saya akan review kit power amplifier YDA138-E YAMAHA. Sebelumnya saya bahas dulu fungsi sebuah amplifier itu apa. Amplifier berfungsi untuk menguatkan sinyal masukan dan kemudian meneruskannya ke speaker dengan sinyal yang lebih kuat. Ada beberapa jenis power amplifier diantaranya class a, class ab, class d, dll. 

Yang saya review ini adalah power amplifier jenis class d atau biasa juga disebut digital. Oke tanpa lama lama ini dia power amplifier YDA138-E YAMAHA.

YDA138-E YAMAHA

Saya beli ini di toko online. Harganya 57ribu dan termasuk biaya lain jadi 60ribuan. Tujuan saya beli ini untuk angkat speaker 6inch. Karena kit lain kaya pam, tpa, tda udah sering banget dibahas ya saya beli kit ini supaya beda dari yang lain. Ga gitu juga sih sebenernya saya ingin power amplifier 12v yang bagus karena kit kit lain harus menggunakan lebih dari 12v baru suaranya bagus. 

Kit setelah dimasukkan ke box x1

Untuk suaranya saya nilai cukup bagus ya dimana noise atau dengung pun saya tidak mendengarnya. Untuk suhu atau panasnya saya rasa cuma hangat hangat kecil biasa gak sampai panas.


Karakter Suara YDA138-E YAMAHA + Fiturnya

Bass lumayan tebal
Mid low mantap 
Treble kurang cryspi (mungkin tergantung tuiter yang dipakai)
Gain kecil
Anti jedug saat colok adaptor
Tegangan 12v singgle
Ada led indikator
Udah ada soket 3.5mm dan potensionya
3 buah elko tandon 470uf 50v


Oke itu adalah karakter suaranya. Kesimpulan saya sih power ini enak untuk lagu rock, dangdut juga enak, musik dengan vokal laki laki. Kalau di eq lagi bisa mantap untuk banyak lagu. Oh iya jangan lupa kit ini hanya 10-12 watt aja jadi jangan maksa buat dikasih beban 12inch keatas. Berikut adalah cekson (maaf kalo kualitas mikrofon hp nya kurang bagus)


Disitu saya pakai preamp supaya gain nya gak kecil. Lagu: No Suprises - Radiohead. 


Oke mungkin segini aja review untuk kit YDA138-E YAMAHA. Semoga ini bisa menjadi referensi buat kalian. Fitur yang paling menarik dari kit ini adalah anti jedug. Biasanya power ketika di on kan akan ada suara "dug". Oke sekian dari saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buat Amplifier Class A 12V Simpel Hanya 1 Transistor Anti DCO

Cara memasang potensio ke amplifier